Header Ads

Mengapa Ikan Channa Sering Lompat Keluar Akuarium?

Ikan Channa Sering Lompat Keluar Akuarium

Ikan Channa memang suka melakukan lompatan di lingkungan liarnya. Gerakan melompat untuk mencari makanan atau berpindah aliran sungai.

Tetapi jika Ikan Channa sering melakukan lompatan keluar dari akuariumnya. Dan tetap melompat jika kita masukkan kembali ke akuarium.

Berarti ada masalah dengan lingkungan air akuariumnya. Yang membuat Ikan Channa stress dan sering melompat keluar.

Mengapa Ikan Channa Sering Lompat Keluar Akuarium?

 

Penyebab Lingkungan Yang Membuat Ikan Channa Stress

Meskipun ikan Channa dapat hidup di lingkan air yang tidak bagus. Bukan berarti ikan Channa tidak mudah stress.

Ikan Channa jika hidup di sungai yang tercemar. Mereka akan mudah mencari tempat yang memiliki lingkungan yang bagus.

Berbeda jika di akuarium. Lingkungan air yang sangat terbatas. Jika kualitas air di akuarium buruk. Maka Ikan Channa akan melompat keluar mencari yang lebih baik.

Akibatnya akan lompat keluar dari akuarium. Karena mengira akan mendapatkan lingkungan air yang bagus.

Untuk memelihara ikan Channa, jangan gunakan air sumber dari PDAM langsung. Karena kadar Chlorine dari tawas atau kaporit yang ada di air PDAM akan membuat aikan Channa Stress.

Karena bersifat racun bagi Ikan Channa. Jadi sebelum ikan Channa masuk ke akuarium yang sumber airnya dari PDAM. Lakukan aerasi selama 24 jam selama 3 hari.

Gunanya untuk menghilangkan kadar Chlorine yang ada di sumber air PDAM. Atau dapat menghilangkan kadar chlorine dengan menggunakan zat anti chlorine yang dapat di temukan di toko-toko ikan dan akuarium.

Penyakit Mudah Timbul Jika Ikan Channa Stress

Jika Ikan Channa stress, akan mudah terserang penyakit. Seperti jamur white spot, aeromonas, ataupun hingga infeksi bakteri.

Semua itu akan mengurangi keindahan dan nilai dari pada ikan Channa. Jadi pelihara air di akuarium sebelum ikan Channa masuk ke dalam. Adalah hal penting untuk memelihara ikan Channa dalam waktu yang lama dan akan membuat lebih bernilai.



No comments