Header Ads

Jangan Masukkan Ikan Channa Yang Baru Beli Ke Akuarium Langsung

Ikan Channa Yang Baru Beli

Seringkali penggemar baru Ikan Channa setelah beli langsung buru-buru memasukkan ikan ke dalam akuarium.

Banyak yang belum tahu, tindakan memasukkan ikan langsung ke dalam akuarium akan membuat ikan stress akibat perubahan suhu air dan lingkungannya secara mendadak.

Sehingga dapat menyebabkan ikan mudah untuk terserang penyakit.

Jangan Masukkan Ikan Channa Yang Baru Beli Ke Akuarium
 

Lakukan Ini Sebelum Memasukkan Ikan Ke Dalam Akuarium

Siapkan Akuarium khusus karantina Ikan yang baru di beli dari luar. Lakukan pembersihan untuk air akuarium, sebelum menjadi tempat tinggal sementara ikan Channa anda.

Fungsi akuarium karantina untuk melihat kesehatan Ikan Channa selama 2 - 3 minggu. Dan samakan kualitas air akuarium karantina dengan air akuarium utama.

Jika sumber air dari PDAM, hilangkan dahulu kandungan Chlorine yang akan bersifat racun. Karena kandungan Kaporit atau Chlorine akan membuat Ikan stress dan akan sering melompat keluar.

Jika sudah di pastikan air di akuarium sudah aman untuk ikan Channa. Saat itu letakkan kantung ikan di atas permukaan air akuarium selama 20 - 30 menit.

Tindakan mengapungkan kantung plastik untuk membuat suhu air di kantung sama sengan suhu air di akuarium. Sehingga ikan merasa tidak ada perubahan yang mendadak.

Setelah itu baru lepaskan ikan secara perlahan-lahan jangan langsung tuang saja. Masukkan air akuarium ke dalam kantong plastik perlahan. Agar ikan dapat menyesuaikan.

Lihat Perkembangan Ikan Channa Di Akuarium Karantina

Sebelum masuk akuarium utama. Lihat perkembangan tingkah laku ikan di akuarium karantina. Lihat selama 2 - 3 minggu.

Jika ikan makan lahap, dan tidak diam. Serta memiliki gerakan yang agresif. Serta tubuh tidak ada cacat luka dan lain-lain.

Berarti ikan Channa tersebut sudah layak berpindah ke akuarium utama.




No comments